Minggu, 06 Desember 2015

Asshidqu Yahdi ila birri waljannah

Jujur adalah ungkapan yang menyatakan sebenarnya telah terjadi atau dengan kata lain tidak berbohong. Jujur termasuk sifat yang sangat baik dan sangat bermanfaat karena dari kejujuranlah kita menciptakan hidup dalam keadaan damai dan tentram sesama manusia serta kita dapat memiliki banyak teman, dapat dipercaya, dicintai, dan diberi rasa hormat. Jujur juga dapat dikatakan sebagai kunci kesuksesan dunia dan akhirat.
Salah satu Contoh sifat jujur yang dapat kita ambil dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika kita membeli berbagai makanan yang telah kita ambil maka kita harus terus terang untuk mengungkapkan apa saja makanan yang kita beli jangan di sumpatkan.
"Pada intinya kejujuran akan menghasilkan sesuatu yang sangat indah."
Al-Qur’an sangat menganjurkan untuk berperilaku jujur “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan Hendaklah kamu bersama-sama orang-orang yang benar” (QS. At-taubah:119)
Maksud ayat tersebut (tafsir ibnu sa’di:335) adalah menjadikan semua orang untuk jujur dalam ucapan mereka, dalam perbuatan dan segala keadaan dalam kondisi apapun.
Jujur terbagi menjadi :
1.      Jujur kepada diri sendiri dimulai dengan jujur dalam niat dan kehendak
2.      Jujur kepada sesama dapat dimulai untuk menyampaikan dan berbuat sebagaimana mestinya, menyampaikan fakta dengan benar dan tidak berbohong atau berdusta.
3.      Jujur kepada Allah diwujudkan adanya rasa pengharapan, cinta dan tawakal pada setiap niat, ucapan dan perbuatan.


"Kejujuran membawakan kepada kebaikan dan kebaikan akan membawakan ke surga"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar