Sabtu, 05 Desember 2015

Pentingnya Disiplin Dalam Kesuksesan

A. Pendahuluan


Pernahkah kalian telat ke sekolah karena bangun kesiangan? Atau tidak mengerjakan karena keasikan main? Kalau pernah anda mungkin belum menerapkan sifat atau karakter yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari anda. Yup sikap ini adalah disiplin.


Orang tua atau guru maupun dosen pasti sering menyuruh anda agar memiliki sikap displin, baik waktu maupun kegiatan. Namun apakah sikap disiplin itu? Disiplin merupakan sikap mental yang tercermin dalam perilaku perorangan maupun masyarakat demi mematuhi norma dan etika yang berlaku. Sikap disiplin sangat penting loh untuk kita miliki, karena displin adalah salah satu sifat atau karakter yang harus dimiliki orang sukses. Dengan menerapkan pola hidup displin seseorang jadi mempunyai pola hidup yang teratur, mampu mengelola waktunya dengan baik serta mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan tugas dan memecahkan persoalan.


B. Definisi Disiplin


Secara umum, disiplin bisa diartikan sebagai sikap penuh rasa tanggung jawab serta kepatuhan untuk menjalankan seluruh ketentuan maupun aturan yang berlaku dalam setiap kegiatan atau tugas yang dimiliki setiap individu. Dengan demikian, tidak salah jika tingkat kedisiplinan seseorang sangat menentukan hasil dari pekerjaannya.

Sedangkan menurut para ahli., pengertian disiplin adalah sebagai berikut:
-Menurut James Drever dari sisi psikologis, disiplin adalah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah di atur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

-Menurut Pratt Fairshild dari sisi sosiologi, disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing. Pengaturan tingkah laku tersebut bisa diperoleh melalui jalur pendidikan dan pembelajaran.

-Menurut John Macquarrie dari segi etika, disiplin adalah suatu kemauan dan perbuatan seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan tertentu.

Berdasarkan ketiga pengertian disiplin menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa dari sudut pandang manapun, disiplin merupakan sikap yang wajib ada dalam diri semua individu. Mengapa? Karena disiplin adalah dasar perilaku seseorang yang sangat berpengaruh besar terhadap segala hal, baik urusan pribadi maupun kepentingan bersama. Untuk mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu, dibutuhkan latihan dengan kesadaran dari dalam diri akan pentingnya sikap disiplin sehingga menjadi suatu landasan bukan hanya pada saat berkerja, tetapi juga dalam berperilaku sehari-hari.


C. 8 Pesan Menarik Dibalik Kata 'Disiplin'

1. disiplin dan perubahan hidup
kita tidak perlu berubah drastis untuk menciptakan perubahan besar dalam hidup kita. tetapi kita hanya perlu menerapkan sedikit saja “disiplin” dalam hidup kita, niscaya kehidupan kita akan berubah pada 90 hari mendatang, bukan pada 12 bulan mendatang atau 3 tahun mendatang (jim rohn)

2. budaya disiplin
sederhana saja sebenarnya definis disiplin itu, tapi sulit untuk diterapkan bila kita tidak serius menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. untuk itu mulai saat ini, dari hal-hal yang terkecil, sedikit demi sedikit kita budayakan disiplin.

3. Kiat agar bisa disiplin
pertama, buat tujuan atau target yang hendak kita capai. target kita buat yang realistis saja, jelas dan spesifik. susun target dalam skala waktu : harian, mingguan dan bulanan. usahakan secara maksimal kita bisa merealisasikan target harian kita agar tercapai.
kedua, sholat tepat waktu
ketiga, berolahraga minimal 2 kali seminggu
keempat, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

4. Disiplin = tidak buru-buru berpuas diri
cepat berpuas diri, merasa sudah melakukan pencapaian tertentu atau sudah bisa melakukan banyak hal bukan ciri dari orang yang berdisiplin. untuk tetap menjaga agar selalu disiplin, tunda dulu untuk berpuas diri.

5. Disiplin = menunda kesenangan
sebagai manusia kita lebih cenderung menyukai kesenangan dari pada kesusahan. sementara kesuksesan, kebahagian hanya dapat kita capai dengan disiplin yang mensyaratkan kita untuk melakukan hal-hal yang benar, kewajiban-kewajiban yang kadang jauh dari kesenangan. disiplin juga mengharuskan kita mengerjakan

6. Disiplin dan orang yang sukses
orang-orang yang sukses adalah orang yang selalu menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari hari. disiplin menjadi “makanan lezat dan bergizi” bagi orang-orang yang ingin sukses dalam hidupnya

7. Disiplin pondasi untuk meraih kesuksesan
bila disiplin menjadi bagian dari kesadaran, pola pikir, pola bertindak dan berperilaku dalam hidup kita, berarti kita telah sudah membangun pondasi yang kukuh untuk mencapai sukses dalam hidup.


D. Pribadi Sendiri


Saya sendiri sudah menerapakn sikap ini dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun pagi, menyelesaikan tugas, dan disiplin dalam beribadah. Memang awalnya agak sulit karena adanya rasa malas, namun dengan terus mencoba dan akhirnya terbiasa, disiplin pun menjadi sebuah kebiasaan.

Jadi jangan ragu ya kawan, mulailah hidup disiplin gak akan rugi ko. Sekian, terima kasih

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar