Minggu, 06 Desember 2015

Semangat Masa Muda

A. Pendahuluan

Bersemangat bisa diartikan melakukan sesuatu dengan sungguh sungguh, bersemangat merupakan salah satu ciri dari orang yang sukses. Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sifat ini, karena dengan bersemangat hasil yang kita kerjakan pun akan sesuai harapan. Dalam kesuksesan diperlukan yang namanya semangat, baik itu semangat dalam berusaha maupun semangat pantang menyerah. Ketika kita melakukan suatu usaha dengan bersemangat maka hasilnya pun akan memuaskan.

B. Definisi

Apakah arti semangat?

Terkadang kita begitu bersemangat untuk merencanakan sesuatu. Baik itu soal pekerjaan, karir, belajar/ menuntut ilmu, menjalin hubungan, usaha, berkarya maupun dalam mengejar target. Kita tahu bahwa semangat itu ada pada keyakinan dalam diri kita. Kita juga tahu bahwa semangat itu ada pada minat kita terhadap apa yang akan dan kita lakukan. Menurut KBBI pengertian bersemangat; 1. ada semangatnya; mengandung semangat; 2. berjiwa; 3. bernafsu (berkemauan); berkegiatan, bernafsu untuk berperang; -, dengan giat dan gembira. Semangat, dalam pengertian umum, digunakan untuk mengungkapkan minat yang menggebu dan pengorbanan untuk meraih tujuan, dan kegigihan dalam mewujudkannya. Apakah penting atau tidak, setiap orang punya tujuan yang ingin dia raih sepanjang hidupnya. Antusiasme, yang sering ditujukan untuk keuntungan material, juga mengemuka ketika nafsu keduniaan dibicarakan. Sebagian orang berusaha untuk menjadi kaya, untuk memiliki karir yang cemerlang atau jabatan yang prestisius, sementara yang lain berusaha untuk tampil lebih unggul atau untuk meraih prestise, penghormatan, dan pujian.

C. Ciri Orang Bersemangat



1. Walau lelah dan jenuh, matanya akan selalu berseri-seri dan tetap ada senyum yang disunggingkan.
2. Berjalan tegak, mempengaruhi hati.
3. Makan makanan enak, bukan mahal atau murah. tapi punya selera makan yang bagus juga menunjang mood yang selalu bagus.
4. Tidak meninggalkan sifat kekanak-kanakannya, karena ini adalah keseimbangan jiwa. karena kita berasal dari anak kecil dan sifat itu tak pernah hilang hanya berkurang saja.
5. Berteman dengan siapa saja
6. Up to date berita, jadilah orang yang terbiasa dengan informasi baru.
7. Tidak mudah menyerah/pantang putus asa, you can if you think you can.
8. Sesekali turuti naluri 'gilamu'. Lakukan sesuatu yang kamu impikan yang mungkin dibilang gila oleh orang lain tapi sangat ingin kamu lakukan.


D. Penutup




Banyak kesuksesan yang diraih karena ada semangat yang besar dalam diri seseorang sehingga ia tak akan berhenti walaupun kegagalan terus menghampiri. Dengan semangat yang besar tersebut tentu saja keinginan untuk meraih sesuatu juga sangat besar karena itulah bersemangat di perlukan dalam setiap usaha yang kita lakukan.

Tanamlah sifat ini dalam pribadi diri kalian masing-masing, karena sesungguhnya hasil tak akan mengkhianati proses.

“Saat jarum jam dinding berputar ke kiri, orang akan menganggapnya rusak dan membuangnya. Manusia pun tidak boleh menengok ke belakang, terus maju dan maju, melangkah ke depan!”
― Yoshichi Shimada, Saga no Gabai Bachan

Sekian, terima kasih.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar