Rabu, 07 September 2016

AYO! MENGENAL DIRI


MENGENAL DIRI 


''Mengenal diri sendiri merupakan sebuah hal yang sederhana namun dapat membantu untuk melakukan perubahan diri. Mengapa mengenal diri sendiri merupakan hal yang penting, yaitu karena jika kita tidak mengetahui diri sendiri maka bagaimana kita dapat melakukan perubahan diri, bagaimana tolak ukur mengenai diri sendiri, bagaimana mengetahui apa keinginan yang kuat  diri sendiri, dan masih banyak lainnya''.

Mengenal diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Tidak semua individu dapat mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Sehingga sulit dilakukan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah, mengapa diubah, dan bagaimana hasilnya setelah melakukan perubahan diri. Karena hal itulah, maka perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri diperlukan agar kita dapat mengetahui bagaimana yang terbaik untuk diri kita. Setiap individu memiliki cara-cara yang berbeda untuk mengenal diri sendiri, diantaranya dapat berupa mengetahui kekurangan serta kelebihan diri sendiri sehingga akan terbentuk suatu keyakinan mengenai diri sendiri dan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan maksimal, maupun bisa juga dengan cara mengetahui apa keinginan dari diri sendiri atau juga dengan cara introspeksi diri.

Ada beberapa kiat-kiat bagi kita untuk cepat mengenali diri,yaitu :

1. Intropeksi diri 
Untuk menemukan jati diri, Anda harus bisa mengidentifikasi diri atau yang sering disebut intropeksi diri. Anda dapat mempelajari diri Anda dengan berpikir, merenung, dan bertanya kepada orang tua Anda segala sesuatu tentang diri anda waktu kecil, tentang keahlian Anda pada waktu anda kecil. Karena hal ini memiliki kaitan yang sangat besar dengan jati diri Anda di saat dewasa. 

2. Mintalah orang untuk mengkritik 
Kritikan yang bersifat baik merupakan sebuah cermin diri anda. Tidak peduli itu kritikan membangun atau kritikan pedas. Dengan demikian, kita bisa mengetahui karakter kita dan bisa kita ubah menjadi lebih baik lagi. 

3.  Percaya diri 
Percaya diri merupakan sebuah kunci utama segala sesuatu yang kita lakukan. Dengan kepercayaan diri, maka kita dapat melangkah dengan mantap dan pasti tanpa takut akan resiko yang akan dihadapi selagi haltersebut tidak melanggar nilai dan norma. 

4. Kejelasan 
Berbicaralah dengan suatu kejelasan tujuan. Hal ini akan menjadikan sebuah semangat tentang tujuan kita menjalani kehidupan tanpa ragu mengambil keputusan yang memang dikatakan baik oleh hati kecil kita, karena hati kecil tidak pernah bohong dan selalu berada pada koridor kebenaran. 

5. Merenungi masa lalu 

Tidak ada salahnya jika Anda masih menyimpan masa lalu, baik itu positif maupun negatif. Anda akan mengetahui bakat anda dahulu seperti apa. Suatu hal yang sangat Anda sukai merupakan bakat alami anda, seperti contohnya bakat menulis, tidak tertutup kemungkinan bahwa Anda dapat menjadi seorang penulis di masa depan. 

Manfaat Dan Tujuan Mengenal Diri Sendiri
• Mengenal berbagai potensi fisik dan non-fisik yang dimiliki kita
• Mengenal kelemahan diri sendiri seperti mengenal lah watak kita mencari         kelemahan diri kita sendiri

• Dengan mengenal diri sendiri, seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya dan sekaligus kemungkinan-kemungkinannya serta diharapkan mengetahui peran apa yang harus dia mainkan untuk mewujudkannya pengenalan dirinya

Daftar Pustaka :

www.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar