Sabtu, 24 September 2016

Cara Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab




Oleh  : Anna Lusiana
 
Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah  keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya).
Sikap tanggung jawab adalah sikap yang senantiasa menyelesaikan tugas dengan penuh kesadaran.
Mengapa manusia harus menerima tanggung jawab? Menerima tanggung jawab merupakan sebuah konsep yang senantiasa ada dalam kehidupan personal dan sosial manusia. Manusia, berdasarkan hubungannya yang luas, siap menerima tanggung jawab dalam berbagai bidang pergaulannya. Domain-domain penerimaan tanggung jawab manusia dapat ditelusuri pada hubungannya dengan Sang Pencipta, dengan keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitarnya yang masing-masing memiliki tanggung jawab dan tugas yang harus diemban secara sadar.
Berikut adalah cara menjadi orang yang bertanggung jawab :
1.      Ketahuilah bahwa tanggung jawab berhubungan dengan kewajiban, bukan hak. Jika seseorang merasa ragu saat ingin memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada Anda, mungkin karena selama ini Anda kurang peduli dalam memenuhi kewajiban yang menjadi tanggung jawab Anda.

2.      Buktikan bahwa Anda bisa melakukan hal-hal kecil dengan baik sehingga pantas menerima tanggung jawab yang lebih besar, baik di tempat kerja, di sekolah, atau saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

3.      Hentikan kebiasaan mencari-cari alasan. Dalam situasi apa pun, selalu ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab mudah sekali mempersalahkan hal tersebut dan menjadikannya sebagai alasan. Setiap kali Anda mulai mencari alasan, misalnya, “Saya tidak bertanggung jawab atas hal ini karena…”, Anda sebenarnya sedang menyatakan “Saya tidak bertanggung jawab”. Perhatikan baik-baik cara Anda berpikir dan berbicara

4.      Akuilah kesalahan Anda. Memperbaiki kesalahan adalah cara yang lebih baik untuk bertanggung jawab. Cara ini bisa membantu Anda memanfaatkan waktu sebagai pengalaman belajar yang sangat berharga untuk mengubah diri sendiri. Selain itu, masa depan Anda tidak akan sia-sia dengan memastikan bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

5.      Jangan menyalahkan orang lain saat menghadapi masalah. Cara lain untuk menerima tanggung jawab adalah dengan berhenti menyalahkan orang lain. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda gagal dalam tes matematika karena tidak belajar, bukan karena dibenci guru; Anda berselingkuh karena keputusan Anda sendiri, bukan karena kekasih yang kurang perhatian; Anda terlambat masuk kantor karena terlambat berangkat, bukan karena kemacetan lalu lintas. Kehidupan terkadang terasa tidak adil dan sebagian orang menjalani hidup yang lebih keras ketimbang Anda. Boleh saja Anda menyalahkan orang tua karena kurang memberikan kasih sayang dan bimbingan sehingga Anda salah jalan, tetapi kehidupan Anda tidak bisa berubah sampai Anda mengambil tindakan untuk mengubahnya.




Daftar Link :
Anonim. 2016. Tanggung jawab. kbbi.web (diakses 24 september)

Tatang. 2016. Pengertian dan contoh sikap tanggung jawab. Tatangsma (diakses 24 sepember)

Anonim. 2016. Cara Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab. Wikohow (diakses 24 september)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar