Selasa, 06 September 2016

Pentingnya Mengenal Diri

Banyak yang masih belum mengetahui atau mereka bingung dengan siapakah dirinya seperti apakah saya ini? Mereka tidak mengenal secara penuh siapa dirinya sebenarnya, apa lagi mengetahui untuk apa saja mereka hidup.
Berbagai cara diajarkan oleh guru- guru kita, mulai dari menggali potensi, mengasah bakat, karakter, dan lain-lain. Semuanya itu sebenarnya adalah alat bantu yang digunakan untuk memudahkan kita mencari jalan untuk mengenali diri.
Mengenali diri sendiri sangat penting untuk pengembangan diri kita. Seseorang akan menjadi dewasa dan matang ketka ia telah menemukan jati dirinya. Saat kita sudah mengenali diri, kita akan tahu apa yang harus kita perbuat, apa yang harus kita peroleh  dan apa akibatnya jika kita tidak melakukan hal itu.
Pengenalan diri yang kurang akan mudah dipengaruhi pendapat orang lain, baik pujian / kritik, sebagai faktor penentu dalam pikiran/perasaan mereka tentang diri sendiri. secara tidak langsung, Orang yang tidak dapat mengenali diri sendiri adalah budak pendapat orang lain dan tidak bebas menjadi diri sendiri.
Kita bisa mengetahui dan memahami dengan baik hal- hal pokok dan penting tentang diri sendiri dari segi psikis yang meliputi : 
·         Pengenalan ciri-ciri dasar fisik
·         Pengenalan kepribadian, watak, dan  temperamen
·         Pengenalan bakat-bakat kemampuan anda
·         Pengenalan Kekuatan dan kelemahan diri  sendiri

Adapun, manfaat dari mengenal diri sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Mengenal berbagai potensi yang dimiliki fisik tubuh kita
·         Mengenal kelemahan diri sendiri seperti mengenal lah watak kita mencari kelemahan diri kita sendiri
·         Dapat mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling cocok dengan kepribadian karakter anda, sehingga anda melakukan pekerjaan tersebut dengan bahagia. Bahagia karena pekerjaan tersebut cocok untuk anda. Dan bahagia karena mendapatkan imbalan sepadan terhadap apa yang anda kerjakan dengan sepenuh hati.
·         Menyadarkan diri sendiri bahwa anda masih memiliki banyak kekurangan sehingga pantang untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain.
·         Mengenal kepribadian (personality) diri dapat membantu anda menerima dengan ihlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sekaligus menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain (suami/isteri, anak, rekan kerja, atasan, kakak, adik, atau siapapun juga).

Dengan mengerti dan mengenali diri sendiri, akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur Kita akan menyadari bahwa diri kita itu adalah sesuatu yang penting. Diciptakan dengan segala kerumitan didalamnya yang sangat teratur dan presisi. Segala proses yang terjadi didalam diri kita sangat kompleks namun tetap teratur. Jika kita menyadari hal ini, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan diri sendiri.

Oleh sebab itu, yang dapat anda lakukan adalah jadilah diri anda yang terbaik. Perbaiki kekurangan anda. Dan tingkatkan terus kelebihan-kelebihan karakter yang anda miliki.

DAFTAR PUSTAKA 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar