Minggu, 25 September 2016

Pentingnya Tanggung Jawab dalam Diri



Oleh : Dhico Imtinan Setyowati
Menurut Sugeng Istanto, pertanggungjawaban berarti kewajiban memberikan jawaban yang merupakan perhitungan atas semua hal yang terjadi dan kewajiban untuk memberikan pemulihan atas kerugian yang mungkin ditimbulkannya.

Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau  perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai wujudan kesadaran akan kewajibannya.

Sikap seseorang yang bertanggung jawab adalah sebagai berikut:

1.      Mau menanggung akibat perbuatannya.
Orang yang bertanggung jawab tidak akan lari dari resiko yang ditimbulkan akibat perbuatannya. Ia akan hadapi apapun sanksi atau hukumannya. Sebaliknya, orang yang tidak bertanggung jawab akan menghindar dari resiko yang ada. Sikap ini harus dihindari. Apapun bentuk resiko kita harus menanggungnya.

2.      Tidak akan menyalahkan orang lain.
Apabila kita salah, jangan lempar batu sembunyi tangan. Hal itu tidak baik. Kita yang berbuat, maka kita juga yang harus mempertanggungjawabkannya.

3.      Menyadari kelemahan
Perbuatan salah hendaknya harus kita sadari sebagai bentuk kelemahan atau kekurangan diri kita. Mengakui kelemahan yang ada merupakan perbuatan yang baik untuk melaksanakan perbaikan dikemudian hari.

4.      Berusaha memperbaiki diri
Upaya untuk menciptakan keadaan lebih baik dari sebelumnya merupakan perbuatan yang baik. Orang yang bertanggung jawab selalu berusaha memperbaiki diri dari segala kekurangan dan kelemahan serta kesalahan.

Pentingya tanggung jawab dalam diri seseorang adalah agar orang tersebut tidak mengalami kegagalan atau kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Karena dengan adanya tanggung jawab kita akan mendapatkan hak kita seutuhnya. Dengan tanggung jawab juga orang akan lebih memiliki simpati yang besar untuk kita, dengan sendirinya derajat dankualitas kita dimata orang lain akan tinggi karena memiliki tanggung jawab yang besar.


Daftar Pustaka
Julianto, Heru. (2013). Pengertian dari tanggung jawab yang baik antara manusia. https://herujulianto89.wordpress.com/2013/12/12/pengertian-dari-tanggung-jawab-yang-baik-antara-manusia/
Gitsali. (2016). Ciri Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab. http://gitsalibeautyful.blogspot.co.id/2011/03/ciri-orang-yang-tidak-bertanggung-jawab.html  
Anonym. (2016). Pengertian TanggungJawab Definisi Menurut Para Ahli Dalam Hukum Internasional. http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-tanggungjawab-definisi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar