Rabu, 28 September 2016

Tentang Tanggung Jawab

TANGGUNG JAWAB



Pengertian Tanggung jawab secara harfiah dapat diartikan sebagai keadaan wajib menanggung segala sesuatunya jika terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan atau juga berarti hak yang berfungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikapnya oleh pihak lain.

Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Rasa tanggung jawab sejati haruslah bersumber pada nilai-nilai  asasi kemanusiaan. Nilai-nilai tersebut didapatkan secara langsung oleh seseorang. Dasar-dasar nilai kemanusiaan kita dapatkan dari proses sosialisasi dan adaptasi dalam   lingkungan.  Dalam proses adaptasi tersebut seseorang dihadapkan oleh godaan yang   dapat mengganggu segala kewajiban dan target yang telah kita tetapkan.  Tidak jarang seseorang dihadapkan oleh masalah yang perlu penanganan secara  just-in time.  Oleh karena itu, diperlukan sikap bertanggung jawab kepada diri sendiri untuk menghadapi segala godaan yang muncul tersebut. Tanggung jawab terhadap diri sendiri  menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Pembiasaan diri terhadap tanggung jawab akan membuat seseorang mampu untuk memecahkan masalah-masalah kemanusiaan. Baik mengenai dirinya sendiri maupun orang lain.

Anda akan lebih dihargai dan akan dipandang orang sebagai orang yang baik saat Anda memiliki sikap betanggung jawab. Selain itu, Anda pula akan mendapatkan banyak manfaat ketika Anda mampu memiliki sikap tanggung jawab yang baik. Berikut manfaatnya:

  1. Anda akan lebih dihargai dan dihormati
  2. Tidak memudahkan Anda untuk berbuat kesalahan
  3. Anda akan mendapatkan banyak kepercayaan, baik diorganisasi, masyarakat maupun tempat Anda bekerja
  4. Anda akan lebih berhati-hati dalam bertindak
  5. Anda akan lebih fokus pada solusi dan juga pengembangan diri Anda
  6. Anda akan memegang kendali dalam setiap sisi
  7. Sikap bertanggung jawab yang Anda terapkan akan mendorong tercapai kesuksesan
  8. Anda akan lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus Anda selesaikan
  9. Anda tidak akan merasa capek dengan mencari alasan atas kebohongan Anda
  10. Orang lain merasa lebih tenang dan nyaman ketika berada disamping Anda
 DAFTAR PUSTAKA :

v  Templatoid.2015.Pengertian Tanggung Jawab.Landasan Teori. http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-tanggungjawab-definisi.html
v  Ruri Lestari,Lintang.2015.Makalah Tentang Tanggung Jawab. http://dokumen.tips/documents/makalah-tentang-tanggung-jawab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar