Sabtu, 22 Oktober 2016

Keuntungan Tanggung Jawab

Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup manusia ,bahwa setiap manusia di bebani dengan tangung jawab.apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.
Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab.manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan .



Keuntungan Tanggung Jawab

Anda akan lebih dihargai dan akan dipandang orang sebagai orang yang baik saat Anda memiliki sikap betanggung jawab. Selain itu, Anda pula akan mendapatkan banyak manfaat ketika Anda mampu memiliki sikap tanggung jawab yang baik. Berikut manfaatnya:
  1. Anda akan lebih dihargai dan dihormati
  2. Tidak memudahkan Anda untuk berbuat kesalahan
  3. Anda akan mendapatkan banyak kepercayaan, baik diorganisasi, masyarakat maupun tempat Anda bekerja
  4. Anda akan lebih berhati-hati dalam bertindak
  5. Anda akan lebih fokus pada solusi dan juga pengembangan diri Anda
  6. Anda akan memegang kendali dalam setiap sisi
  7. Sikap bertanggung jawab yang Anda terapkan akan mendorong tercapai kesuksesan
  8. Anda akan lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus Anda selesaikan
  9. Anda tidak akan merasa capek dengan mencari alasan atas kebohingan Anda
  10. Orang lain merasa lebih tenang dan nyaman ketika berada disamping Anda
Selain manfaat diatas, banyak manfaat lain jika Anda memang memiliki sikap bertanggung jawab. Namun, Apakah saat ini Anda sudah bisa memiliki sikap yang bertanggung jawab dengan baik? Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa memiliki sikap tanggung jawab atas kesalahan diri Anda sendiri. Dibutuhkan sebuah tindakan yang nyata serta usaha yang keras agar bisa memprogram otak Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab menadi orang yang lebih bertanggung jawab.
Perasaan takut akan akibat dari kesalahan yang Anda lakukan adalah penyebab utama, kenapa Anda tidak bisa memiliki sikap tanggung jawab dengan baik. Jika Anda memang sudah terbiasa untuk tidak bisa bertanggung jawab, maka Anda harus menghilangkan semua itu. Namun, jika Anda sudah melakukan berbagai cara dan merasa kesulitan untuk bisa memiliki sikap tanggung jawab dengan baik. Anda bisa menggunakan Terapi Binaural Beats Taking Responsibility untuk menjadikan diri Anda seseorang yang lebih bertanggung jawab dan menjadikan diri Anda seseorang yang berani menerima kesalahan dan kekurangan diri Anda sendiri.



Manusia Dan Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya. Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung-jawabannya.
Bila si mahasiswa malas belajar, dan ia sadar akan hal itu. Tetapi ia tetap tidak mau belajar dengan alasan capek, segan dan lain-lain. Padahal ia menghadapi ujian.Ini berarti bahwa si mahasiswa tidak memenuhi kewajibannya, berarti pula ia tidak bertanggung jawab.
Tanggung jawab merupakan aktualisasi dan perwujudan dari sikap sadar seorang yang dikatakan manusia. Jika manusia melakukan suatu hal dengan resiko dan penyelesaian masalahnya dilakukan dalam keadaan tidak sadar, baik sakit atau pengaruh obat – obatan maka tidak dapat dikatakan sebagai  si tanggung jawab. Sadar memiliki pengertian tahu, pengertian dan ingat sehingga kesadaran dapat didefinisikan sebagai pengertian dan rasa ingin tahu manusia terhadap hal yang benar baik terhadap sikap dan perbuatannya. Dimana kesadaran manusia sangat berkaitan erat denga hati dan pikiran yang terbuka dan mau menerima sejumlah informasi dan ilmu pengetahuan serta hal – hal yang benar.
Jika si manusianya tidak mau dan tidak dapat bertanggung jawab, maka si manusianya secara tidak langsung tidak sadar atau bukan manusia. Hanya saja perwujudan secara fisik tampak seperti manusia.

1 komentar:

  1. Tanggung jawab intinya pada keteladanan.
    tanggung jawab individu diskusinya panjang,lebih mengena pembandingnya bangsa lain yang lebih maju.
    Contoh : Orang barat sangat menghargai orang lain dalam hal yang sepaham, merasakan kesulitan orang lain tapi menolong atas permintaan (fleksibel), konsisten dalam perjanjian/komitmen maupun dalam aturan. (nilai: 10)
    Bangsa kita (pokok bahasan sama) nilai : 4.
    sangat memprihatinkan.

    BalasHapus