Rabu, 05 Oktober 2016

PEDULI

Menurut Swanson (1991) mendefinisikan kepedulian sebagai salah satu cara untuk memelihara hubungan dengan orang lain, dimana orang lain merasakan komitmen dan tanggung jawab pribadi.
Meneurut Noddings (2002) menyebutkan bahwa ketika kita peduli dengan orang lain, maka kita akan merespon positif apa yang dibutuhkan oleh orang lain dan mengeksresikannya menjadi sebuah tindakan.
Menurut Bender (2003) kepedulian adalah menjadika n diri kita terka it
dengan orang lain dan apapun yang terjadi terhadap orang tersebut.
Menurut May (dalam Leininger 1981) mendefinisikan kepedulian sebagai perasaan yang menunjukk an sebuah hubungan dimana kita mempersoalkan kehadiran orang lain, terdapat hubungan pengabdian juga, bahkan mau menderita demi orang lain.
Menurut Heidegger (dalam Leininger 1981) mengatakan bahwa kepedulian
merupakan “sumber dari kehendak”. Menurut Heidigger,kehendak itulah yang mendorong kekuatan hidup dan kepedulian adalah sumbernya. Peduli merupakan fenomena dasar dari eksistensi manusia termasuk dirinya sendiri, dengan kata lain jika kita tidak peduli, maka kita akan kehilangan kepribadian kita, kemauan kita dan diri kita.
            Dapat disimpulkan bahwa kepedulian merupakan sikap kepekaan yang muncul dalam diri seseorang untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap orang lain atau memberikan motivasi kepada orang lain dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh orang lain. Kepedulian sangat mendorong kita untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain. Kepedulian didasarkan pada hasrat secara penuh untuk membina ikatan dengan orang lain dan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kepedulian itu bermula dari perasaan, dan perasaan akan mendorong tindakan kita untuk bersikap peduli terhadap orang lain. Sikap peduli juga merupakan sikap untuk berusaha membangkitkan kemandirian yang ada di masyarakat. Orang-orang yang peduli adalah orang-orang yang tidak bisa tinggal diam melihat kelemahan dan membiarkan keadaan-keadaan yang buruk terus terjadi di masyarakat. Sikap peduli juga turut serta untuk ikut merasakan penderitaan orang lain, ikut merasa bersedih ketika orang lain atau saudara kita tertimpa musibah, kesulitan, dan sedang tertimpa keadaan-keadaan yang memberatkan dan membangkitkan rasa kasihan dan iba.


Manfaat dari sikap peduli adalah sebagai berikut :

1.      Menumbuhkan sikap positif
2.      Mengurangi sifat egois
3.      Terwujudnya sikap hidup gotong royong
4.      Menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan
5.      Terwujudnya persatuan dan kesatuan

Contoh dari perilaku peduli adalah :

1.      Memberikan bantuan pada orang yang mengalami musibah bencana alam
2.      Menjenguk teman,saudara atau tetangga yang sedang sakit
3.      Mengingatkan teman jika berbuat salah
4.      Membantu orang tua di rumah

5.      Memberikan tumpangan pada teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar