Rabu, 26 Oktober 2016

Memahami Prinsip

Definisi Prinsip

v  Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Prinsip adalah asas, kebenaran yang jadi pokok dasar orang berpikir, bertindak, dan sebagainya.
v  Russel Swanburg, Prinsip adalah kebenaran yang mendasar, hukum atau doktrin yang mendasari gagasan.
v  Toto Asmara, Prinsip adalah hal yang secara fundamental menjadi martabat diri atau dengan kata lain, prinsip adalah bagian paling hakiki dari harga diri.
v  Udo Yain Effendi Majdi, Prinsip adalah pedoman berprilaku yang terbukti mempunyai nilai yang langgeng dan permanen.
v  Ahmad Jauhar Tauhid, Prinsip adalah pandangan yang menjadi panduan bagi perilaku manusia yang telah terbukti dan bertahan sekian lama.
v  Herry Tjahjono, Prinsip adalah hukum alam dan sudah jadi kebenaran hakiki.
v  Awang, Widayanti, Himmah, Astuti, Septiana, Solehudin Noveanto, Prinsip adalah suatu aturan dasar yang mendasari pola berpikir atau bertindak.
v  Andi Yohanes, Prinsip adalah hukum, tidak bisa tidak, harus seperti itu.
v  Samuel S. Lusi, Prinsip adalah panduan yang mengompasi hidup anda untuk kembali ke diri sejati anda.

Dari pengertian yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahawa prinsip adalah suatu landasan atau pendoman manusia dalam berfikir dan bertindak yang sudah diakui jadi kebenaran hakiki dan mempunyai nilai yang permanen.
Prinsip inilah yang menjadi prinsip hidup seseorang yang menjadi salah satu dasar pertimbangan untuk bersikap, mengambil keputusan dan bertindak dalam menanggapi stimulus yang diterima melalui panca indera, naluri atau ataupun intuisi batin.
Ketika seseorang memiliki prinsip hidup yang kuat, maka dalam setiap mengambil keputusan, sikap dan tindakan, dia tidak akan hilang kendali dalam menentukan sikap atau bertindak. Ketika sekelompok orang dihadapkan pada persoalan yang sama, cara mereka merespon persoalan tersebut belum tentu akan sama. Kenapa demikian, karena prinsip yang dianutnya, cara pandang serta kebiasaan dan kebutuhan hidup setiap orang berbeda. Itulah sebabnya cara merespon terhadap suatu stimulus akan berbeda pula.Prinsip hidup memiliki peran untuk menentukan acuan seseorang dalam bertindak dengan didasari watak dan pola tingkah laku yang baik. PRINSIP atau pendirian sangat penting dalam kehidupan. Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupannya pun dapat dipastikan tidak akan mengalami kemajuan.

Ciri-ciri orang berprinsip

1. Mereka Terus Belajar
Orang-orang yang berprinsip terus belajar dari pengalaman-pengalaman mereka. Mereka membaca, mengikuti pelatihan dan kursus, mendengarkan orang lain, belajar dengan kedua tangan dan telinga mereka. Mereka selalu ingin tahu dan selalu bertanya. Mereka terus menambah kemampuan, yakni kemampuan untuk mempelajari banyak hal. Mereka mengembangkan ketrampilan baru, minat baru. Mereka mendapatkan bahwa semakin banyak tahu, semakin menyadari bahwa mereka tidak tahu, bahwa saat lingkaran pengetahuan berkembang, lingkaran ketidaktahuan mereka juga berkembang. Seperti dalam firman Allah yang berbunyi "Allah akan meninggikan mereka yang beriman diantara kamu dan mereka yang berilmu dengan ketinggian beberapa derajat"

    2. Mereka Berorientasi pada Pelayanan
Orang-orang yang berprinsip melihat kehidupan sebagai misi, tidak sebagai karir. Sumber-sumber pertumbuhan mereka telah mempersiapkan mereka untuk melayani. Hasilnya, setiap pagi mereka "mengendalikan" dan mengenakan kendali pelayanan, memikirkan orang lain. Mereka ingat akan nasihat Rasulullah saw. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang palng banyak manfaatnya untuk manusia. Prinsip pelayanan ini saya tekankan karena saya meyakini bahwa usaha untuk menjadi yang berprinsip tanpa mau memikul beban pasti akan menemui kegagalan.

    3. Mereka memancarkan energi Positif
Energi positif ini seperti medan energi atau aura yang mengelilingi mereka dan juga mengisi atau menambahkan medan energi negatif di sekitar mereka. Apabila mereka bertemu dengan energi negatif yang sangat kuat mereka akan menetralisir atau menyingkirkan energi negatif itu.

    4. Mereka mempercayai orang lain
Orang-orang yang berprinsip tidak bereaksi berlebihan pada perilaku negatif, kritikan atau kelemahan-kelemahan manusiawi. Mereka lebih memilih untuk melihat potensi yang terpendam pada setiap orang lain yang memahami proses untuk membuat potensi itu terwujud.

    5. Mereka Hidup Seimbang
Mereka tidak membagi segala sesuatu menjadi dua bagian, yakni memandang segala sesuatu sebagai baik atau buruk, sebagai ini atau itu. Mereka yakin bahwa kehidupan yang seimbang merupakan bagian dari asas Islam bukan sekedar hukum alam. Artinya Keseimbangan akan membawa kebaikan yang abadi.

    6. Mereka melihat hidup sebagai suatu petualangan
Mereka pada dasarnya tidak dapat dipengaruhi dan mampu untuk menyesuaikan diri pada hampir semua hal yang terjadi. Salah stu prinsip baku mereka adalah fleksibilitas. Mereka benar-benar menjalani hidup yang berkelimpahan.

    7. Mereka Sinergik
Sinergi adalah suatu keadaan ketika keseluruhan melebihi jumlah dari semua bagian.

    8. Mereka berlatih untuk memperbaharui diri
Pada akhirnya mereka secara teratur melatih ketiga dimensi kepribadian manusia yaitu fisik, emosi dan spiritual.

5 Prinsip orang sukses

1.      Keberanian untuk berinisiatif. Kekuatan yang sebenarnya tidak lagi menjadi rahasia atas kesuksesan orang-orang terknenal yaitu mereka selalu punya ide-ide cemerlang! Seorang Donald Trumpyang “mendunia” karena superioritasnya di bidang Real Estateawalnya berproses dari status bangkrut dan akhirnya berpredikat Raja Real Estate, adalah contoh dari seorang yang jenius dan berani berinisiatif. Kita tentu mengenal serial TV The Apprentice, kontes Miss Universe, Online University bernama TrumpUniversity.com, bahkan di negara asalnya boneka Donaldadalah sebuah icon dan produk laris selain buku-buku bestseller-nya. Dan inisiatif adalah kekayaan semua orang, tinggal orang itu mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ide-idenya.

2.      Tepat waktu. Sebuah hal yang pasti untuk semua orang di dunia ini tanpa terkecuali adalah bahwa kita memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Seorang yang menepati janji dan tepat waktu menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang memiliki kemampuan mengatur/manage sesuatu yang paling terbatas tersebut. Kemampuan untuk hadir sesuai janji adalah kunci dari semua keberhasilan, terutama keberhasilan berbisnis dan berinteraksi. Memberikan perhatian lebih terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan kolega dan mitra kita.

3.      Senang melayani dan memberi. Sebuah rumus sukses dari banyak orang sukses adalah mampu memimpin, namun sebuahadditional attribute dari sikap kepemimpinan adalah kebiasaan melayani dan memberi. The more you give to others, the more respect you get in return. Dan, keikhlasan adalah kunci untuk sifat ini. Kebaikan lain akan terus mengalir tanpa henti saat kita mampu memberi dan melayani dengan ikhlas. Ini mungkin bisa dibilang sebagai bonus saja! Tetapi, setidaknnya dengan memberi dan melayani berarti menunjukkan kepada teman, kolega serta rekan kita betapa suksesnya diri kita sehingga membuat orang lebih yakin bermitra dan bergaul dengan diri kita.


4.      Membuka diri terlebih dahulu. Barangkali kita pernah bertemu orang yang selalu mau tahu tentang hal pribadi orang lain namun dia terus menutup diri agar jati dirinya tidak terbuka. Mereka biasanya hidup dalam ketakutan dan kecurigaan, dan selalu berprasangka buruk kepada siapa saja yang dijumpainya. Sikap ini adalah unsur yang tidak dimiliki banyak orang sukses. Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri, lantas tidak ada yang perlu ditutupi, itulah yang dicari oleh para partner sejati dan sebagian besar dari kita akan setuju bahwa tidak banyak orang yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius.

5.      Senang bekerja sama dan membina hubungan baik.Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah salah satu kunci keberhasilan utama. Kembali kita mengambil contoh Donald Trump. Dalam serial TV The Apprentice, Trump memiliki tim yang loyal dan menjadi perpanjangan tangan dirinya dalam menemukan para calon “orang kepercayaan” yang baru. Pada akhirnya, Trump akan memiliki sebuah tim yang sangat loyal dan bervisi sama dengan menciptakan jaringan kerja yang baik, sehingga jalan menuju sukses itu semakin terbuka lebar.

Daftar Pustaka

Anonim. 2014 . Pengertian dan Definisi Prinsip . (https://carapedia.com/pengertian_definisi_prinsip_info2118.html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar