Minggu, 04 Desember 2016

Adil Itu Penting!

Adil, salah satu sikap yang sangat dibutuh umat manusia jika menginginkan kehidupan yang damai
, aman dan tentram. Mengapa? Karena dengan adanya adil tidak akan ada lagi alasan untuk iri, dengan tidak adanya iri tidak akan ada lagi alasan untuk berbuat kejahatan dengan motif iri tersebut. Kalau begitu sebenarnya apa itu adil? Kenapa hanya dengan melakukan adil sesuatu seperti iri bisa hilang begitu saja? Menurut KBBI adil berarti sama berat atau tidak berat sebelah. Namun pada kehidupan nyata adil tidak bisa kita terapkan dengan menyamakan semuanya, walaupun sesuai dengan definisi adil namun tak bisa dikatakan adil.
Sebagai contoh ada seorang orangtua yang mempunyai 2 anak, anak pertama adalah anak yang normal dengan anggota tubuh lengkap dan anak yang kedua seorang anak yang kurang sempurna karena tidak memiliki kaki, kedua anak itu lulus sekolah dan kedua orang tuanya ingin memberikan mainan sebagai hadiah kelulusan mereka, namun agar “adil” mereka memberikan keduanya bola kaki. Apa yang telah dilakukan orang tua diatas memang sudah memenuhi definisi adil namun jika berada disituasi saat itu apakah yang dilakukan orang tua itu bisa dikatakan adil? Tentu saja tidak karena walaupun sama-sama diberikan bola kaki anak yang kedua tidak akan bisa memainkannya karena ia tidak punya kaki, dalam situasi ini akan lebih adil jika sang orang tua memberikan bola kaki kepada anak pertama dan kaki palsu untuk anak kedua, walaupun berbeda namun keduanya sama-sama dapat dimanfaatkan dengan baik.
Karenanya adil sangat amat diperlukan di negeri ini, berikut beberapa keuntungan bersikap adil :
1.       Menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, karena adil lebih dekat dengan taqwa (Q.S Al-Maidah ayat 8)
2.       Menjadi teladan yang baik bagi orang-orang disekeliling kita
3.       Disenangi dan disegani orang disekuliling kita
4.       Dapat meningkatkan disiplin diri sendiri dan orang disekitar kita
5.       Menciptakan suasana yang damai, tentram dan aman
Dan bukan karena banyak keuntungannya, adil juga salah satu perintah semua agama, untuk itu kita harus selalu berlaku adil dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun agar semua orang dapat merasakan manfaatnya dan dapat mencontohnya dengan begitu mulai dari sekeliling kita sampai minimal satu daerah bisa ikut bersikap adil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar