Minggu, 04 Desember 2016

Bagaimana bersikap Adil Kepada Anak


By  : Anna Lusiana
Definisi adil adalah suatu keadaan dimana semua orang mendapatkan hak dan kewajiban yang sama sesuai dengan kebutuhannya. Banyak orang yang memiliki persepsi bahwa adil itu adalah memperlakukan semua orang sama tanpa lihat bulu, namun adil itu memiliki ukuran pada batasan tertentu pada setiap orang. Sama halnya, adil dalam menghadapi anak. Kadang kita bersikap tidak adil kepada anak-anak, walaupun menurut kita sudah adil.
Dan seringkali sikap kita dalam menanggapinya bisa menjerumuskan buah hati kita sehingga menjadi anak yang durhaka. Sikap orangtua dalam berinteraksi dengan anak-anak akan membentuk prilaku anak. Dengan kata lain, anak menjadi soleh atau durhaka karena dipengaruhi oleh sikap orangtuanya terhadap mereka.  Jika kita memiliki anak lebih dari satu, Kita mungkin lebih cenderung sayang kepada salah satu anak dibandingkan anak yang lainnya. Hal ini dapat membuat perasaan iri hati anak yang lainnya, sehingga timbul kebencian antara anak dan akhirnya anak akan membangkang.
Permasalahan lain adalah ketika 2 anak meminta uang saku kepada orangtuanya, anak yang pertama berumur 8 tahun yang kedua 4 tahun. Dua-duanya diberi uang Rp 15.000. sedangkan keperluan anak pertama sesuai. Sedangkan anak kedua belum mengerti apa-apa dan kebutuhannya tidaklah banyak. Maka sikap ini tidak bisa dianggap adil. Anak pertama tentu akan merasa iri. Dan anak kedua akan tumbuh menjadi anak yang manja, karena semua hal yang ia inginkan dikabulkan kedua orangtuanya.




Daftar link :
Kirana, Candra. 2013. Pengertian Adil Beserta Contohnya. Paschip.blogspot.com (4 Desember 2016)
Candra S, Agung. 2016. Memperlakukan Anak Secara Adil. Keluarga.com (4 Desember 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar