Rabu, 21 Desember 2016

Berani Mengambil Resiko

Untuk menjadi pribadi yang unggul berani mengambil resiko sangatlah penting.
Kenapa? Karena dengan berani mengambil resiko artinya kita sudah berani mengambil satu langkah lebih maju dari yang tidak berani mengambil resiko. Hidup itu pilihan dan hidup itu tantangan, tidak ada pilihan dan tantangan yang tidak mengandung resiko. Untuk itu mau tidak mau suka tidak suka kita harus mengambil resiko itu tetapi dengan pertimbangan yang matang, bukan karena hidup hanya sekali lalu kita mencoba semuanya dan mengambil resiko yang sebesar besarnya.
Yang benar adalah kita harus memilih mana yang resikonya kecil dan memiliki keuntungan yang besar karena dengan resiko yang kecil itu berarti memiliki tingkat kegagalan yang kecil pula dan dengan memperkecil tingkat kegagalan maka tingkat kerugian pun otomatis akan mengecil.
Lalu bagaimana cara kita untuk berani mengambil resiko? Karena tidak semua orang berani mengambil resiko kan. Ada tiga langkah yang dibagikan oleh Bong Chandra agar kita berani keluar dari zona nyaman. Pertama, ubah pikiran anda. Segala sesuatu diciptakan dua kali yaitu ciptaan mental dan ciptaan fisik. Sebelum diciptakan fisiknya seorang arsitek akan menciptakan dari bayangan dan imajinasinya, ini yang disebut ciptaan mental. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Ubah pikiran masa lalu anda yang negatif menjadi pikiran masa depan anda yang positif.
Kedua, ubah lingkungan anda. Diri kita tergantung pada lingkungan diri kita berada. Jika kita berada dalam label lingkungan yang berkualitas maka label kita adalah berkualitas. Begitu pula sebaliknya jika kita berada dalam lingkungan pemalasa maka label diri kita adalah pemalas. Maka mulai saat ini ubahlah lingkungan anda. Ubahlah menjadi lingkungan yang sesuai dengan perubahan yang anda inginkan. Jika anda ingin menjadi pengusaha sukses maka perbanyaklah berkumpul dengan lingkungan pengusaha yang sukses. Jalinlah relasi sebanyak-banyaknya dan lakukan perubahan dalam diri anda.
Ketiga, ubah tindakan anda. Jika anda ingin memperoleh hasil yang berbeda maka lakukan dengan cara yang berbeda. Jika selama ini anda gagal maka ubahlah tindakan anda untuk keberhasilan. Mengubah pikiran dan lingkungan jika tidak diikuti oleh perubahan tindakan maka hasilnya akan nihil. Maka ubahlah tindakan anda menjadi lebih positif dan produktif mulai sekarang. Selamat mencoba dan ambillah resiko perubahan untuk meraih kesuksesan anda.

Daftar pustaka
Anonim.2016.berani berubah,berani ambil resiko.[online]
https://motivasidiri99.blogspot.co.id/2014/07/berani-berubah-berani-ambil-resiko.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar