Rabu, 04 Januari 2017

Apakah Kita Peduli?

Apa sih peduli itu?
Peduli adalah sebuah sikap dan tindakan keberpihakan seseorang pada masalah atau keadaan seseorang atau lingkungan sekitarnya.
Peduli adalah suatu tindakan yang muncul karena rasa empati seseorang kepada orang lain atau lingkungan sekitarnya sehungga membuat dirinya ingin membantu orang tersebut atau melakukan kebaikan pada lingkungan sekitarnya.
2.                  Kenapa kita harus peduli?
Sangat sering kita mengucapkan atau mendengar kata-kata “untuk apa kita peduli, itu bukan urusan kita” atau “peduli amat!”. Lalu kenapa kita harus peduli? Sebenarnya peduli sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia, jika kalian ingat-ingat kembali manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Tidak ada manusia yang mampu hidup sendiri sekalipun dia manusia terkaya di dunia, dia tidak akan mampu untuk hidup sendiri. Dan bayangkan jika kita sebagai umat manusia tidak peduli satu sama lain? Maka bumi tidak akan seperti sekarang, tidak akan ada yang mau melakukan sesuatu untuk kepentingan orang lain. Sebagai contoh jika tidak ada manusia yang peduli adalah tidak akan ada nasi yang kita makan karena si petani tidak peduli pada orang lain yang ingin makan nasi dari padi yang ia tanam, tidak akan ada teknologi yang canggih karena semua orang pintar akan mengembangkan sesuatu untuk dirinya sendiri dan masih banyak lagi.
3.                  Keuntungan bersikap peduli
Dari penjelasan saya diatas sudah sangat jelas bahwa bersikap peduli memiliki keuntungan atau manfaat yang sangat banyak. Berikut beberapa keuntungan dari bersikap peduli :
a. Keuntungan peduli pada diri sendiri
Peduli pada kesehatan diri sendiri adalah salah satu bentuk peduli pada diri sendiri yang mempunyai keuntungan yaitu kita bebas melakukan apapun karena kita sehat dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya rumah sakit atau biaya obat.
b. Keuntungan peduli pada lingkungan sekitar
Saat kita peduli pada lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan sudah pasti lingkungan kita akan sehat, enak dipandang mata, tidak ada bau yang tidak sedap dan tidak ada penyakit yang disebabkan lingkungan yang kotor.
c. Keuntungan peduli pada negara
Saat kita peduli pada negara kita sendiri tentu saja tidak akan ada korupsi di Indonesia dan jika tidak ada korupsi di Indonesia maka sudah pasti Indonesia akan lebih maju dan lebih makmur.
4.                  Bagaimana kita harus peduli?
Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar dan sulit, hanya dengan melakukan sesuatu yang sederhana seperti:
1)      Mengambil sampah yang disekitar kita dan membuangnya pada tempatnya
2)      Membantu teman yang sedang kesulitan tanpa diminta
3)      Menjaga kebersihan diri sendiri
4)      Tidak merusak tanaman
5)      Tidak merusak fasilitas umum
Sekian penjabaran yang dapat saya berikan tentang peduli, semoga artikel ini membuat kita sadar bahwa peduli sangat penting untuk dilakukan bukan hanya untuk diucapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar