Senin, 09 Januari 2017

Memiliki Prinsip Hidup

PRINSIP atau pendirian sangat penting dalam kehidupan. Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupannya pun dapat dipastikan tidak akan mengalami kemajuan.
Prinsip dalam hidup itu sama halnya dengan pos-pos atau arah mata angin dalam menjelajahi dunia yang maha luas ini. Kalau seseorang hidup tanpa memiliki prinsip maka hidupnya akan tidak tentu arah dan akan bingung untuk mengambil langkah dalam melanjutkan kehidupannya.
Prinsip dalam hidup itu meski tanpa disadari keberadaannya pasti semua orang memilikinya. Misalnya saja orang itu tidak suka jika ia merepotkan orang lain dan lebih memilih untuk melakukannya sendiri, itu berarti prinsip hidupnya itu adalah berusaha sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dengan kata lain mandiri.
Prinsip dalam hidup ada juga yang menyebutnya dengan Moto. Moto artinya slogan yaitu prinsip yang dipegang agar seseorang, komunitas atau lembaga berada dalam jalur yang tetap dan konsisten dalam prinsip dianut bersama. Orang hidup harus punya moto, slogan atau prinsip. Hidup tanpa prinsip adalah hidup tak terarah, akan mudah terbawa arus, mudah terbawa pengaruh, terombang-ambing oleh gelombang yang tak menentu. Orang-orang yang sukses hidupnya umumnya mempunyai moto atau prinsip yang dipegangnya dan dipertahankannya bahkan hingga mati.

Setiap manusia memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda sesuai dengan kadar iman, kekayaan jiwa juga ilmu dan pengetahuan yang telah Tuhan anugerahkan kepadanya. Semuanya itu akan kembali kepada manusianya sendiri, yaitu bagaimana ia bisa mengolah hal itu agar menjadi kebaikan bagi dirinya bahkan orang lain.
Komitmen seseorang dalam menciptakan prinsip hidupnya juga konsistensi terhadap komitmen yang telah ia kokohkan dalam prinsip hidupnya, menjadi salah satu sumber penentu keberhasilan dirinya dalam memegang dan mengamalkan prinsip hidupnya sendiri. Jika ia mampu konsisten dengan prinsip hidupnya, maka ia akan merasakan buah dari apa yang ia pegang dan pahami selama ini.

Dalam kenyataannya, seseorang yang memiliki prinsip hidup bisa saja gagal dalam memaknai dan mengibadahi hidupnya, apalagi seseorang yang berdiri sendiri, tanpa prinsip hidup yang menyeimbangkan dan menyelerasakan antara keinginan serta harapannya. Tentunya ia akan mudah sekali terbawa arus yang membuat hidupnya semakin berantakan. Semoga renungan sederhana ini bermanfaat untuk kita semua.

sumber:
https://web.facebook.com/belajarmemaknaiartihidupdankehidupan/posts/446287045453426?_rdr 
http://nuralfilail07.blogspot.co.id/2014/09/pentingnya-memiliki-prinsip-dalam-hidup.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar