Jumat, 08 September 2017

Mengenal Diri Yuk!


PERLU DIINGATKAN Belajar Ilmu Mengenal Diri ini adalah untuk pegangan tauhid dan mengesakan Allah sebagai bekalan dihari kemudian. Jika dunia yang kita kejar, belum tentu akan tercapai tetapi jika akhirat yang kita kejar, dunia akan ikut bersama. Janji Allah itu PASTI.
Belajar Ilmu Mengenal Diri Ini:
BUKAN untuk menjadi hebat
BUKAN untuk menjadi kuat
BUKAN untuk dapat melihat alam ghaib
BUKAN untuk ghaib dari pandangan
BUKAN untuk dapat berjalan di atas air
BUKAN untuk boleh terbang
BUKAN untuk menjadi bomoh
BUKAN untuk menjadi kebal dan sebagainya.
Langkah pertama untuk mengenal diri sendiri ialah dengan mengetahui bahawa diri itu tersusun dari bentuk-bentuk lahir (yang disebut badan atau jasad) dan bentuk-bentuk bathin (yang disebut qalbu atau jiwa). (Workseet. 2010)
Manusia hidup didunia tentunya memiliki identitas dan mengetahui siapa dirinya. Hampir tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki identitas dan tidak mengetahui siapa dirinya. Meskipun demikian, jarang sekali diantara manusia yang benar-benar mengerti dan mengenal siapa dirinya sebenarnya dan untuk tujuan apa ia hidup didunia, apakah hanya sebatas untuk makan, minum, tidur, atau mencari uang saja.
Cara Mengenal diri Sendiri Menurut Rosalina.A 2016 :
1. Mengamati diri sendiri
Dengan mengamati dirinya sendiri seorang manusia bisa merasakan bahwa dalam dirinya ada jiwa yang bernaung dan tubuh adalah tempat dimana jiwa tersebut tinggal. 
2. Mengetahui hakikat penciptaannya
3. Bersyukur kepada Allah SWT
4. Mengetahui peran dan kedudukannya    
Referensi
Anggi R.2016. Mengenal Diri Sendiri. DalamIslam.com dalam https://dalamislam.com/info-islami/mengenal-diri-sendiri-dalam-islam (Diakses tanggal 8 September 2017)
Worksheet.2010. Mengenal Diri.Pelita Hati.com dalam https://pengkajianpelitahati.wordpress.com/2010/12/02/mengenal-diri-sendiri-sebagai-kunci-untuk-mengenal-allah-s-w-t/ (Diakses tanggal 8 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar