Sabtu, 14 Oktober 2017

Pribadi Yang Menarik Adalah Pribadi Yang Apa Adanya

                                                                                   @D23-Abi
                                                                                   Oleh: M. Abi Haykal





Menjadi pribadi yang menarik merupakan salah satu hal yang tidak semua orang dapat lakukan. Mereka yang mempunyai kepribadian menarik adalah orang-orang yang mempunyai ciri khas yang sulit ditemukan oleh orang lain. Memang kepribadian yang menarik terdiri dari macam-macam faktor. Mulai dari penampilan, gaya berbicara, sikap, wawasan dan pola pikir seseorang. Dan perlu diingat, meskipun penampilan dan uang juga berpengaruh namun seseorang yang memiliki penampilan yang goodlooking ataupun kaya raya tidak menententukan seseorang dapat memiliki kepribadian yang menarik. Karena pada dasarnya orang yang pribadinya menarik di kegiatan hidupnya tidak datar dan membosankan pada setiap harinya. Mereka orang-orang yang penuh dengan petualangan, pergaulan luas, pengalaman-pengalaman baru yang unik dan menyenangkan. Jika ingin menjadi pribadi yang menarik harus menyukai dan menikmati hidup sendiri terlebih dahulu sebelum membuat orang lain tertarik ingin tahu tentang diri kita dan kehidupan kita.
Untuk membuat kepribadian kita lebih menarik bukanlah dengan merubah total dan menutupi sifat yang lama seperti kedok, tetapi hanya jadilah diri sendiri maka orang lain akan tertarik dengan kehidupan kita beserta pengalamannya, ditambah dengan kepandaian memposisikan diri diantara lingkungan orang-orang disekitar kita. Salah satu sikap yang menandai menariknya kepribadian kita yang paling sederhana ialah senyuman, dengan hal tersebut akan menunjukkan kesan dipikiran orang lain bahwa kita merupakan pribadi yang ramah dan peduli pada sekitar. Terus terang saya sangat sulit melakukan hal demikian, namun saya sudah berjanji pada diri sendiri agar dapat menjadi seseorang yang menarik secara apa adanya saat sedang bercerita dan berbagi pengalaman dengan orang lain. Hal yang sulit saya lakukan untuk menerapkan kepribadian itu adalah kontak mata, saya selalu sulit focus apabila sedang berbicara pada orang lain, bukan apa tetapi saya sendiri belum tahu sebabnya. Semoga penyakit sifat ini dapat membuat saya (dan juga orang lain yang seperti saya) intropeksi diri dan lebih menjadi pribadi yang lebih disukai orang lain.
Inilah yang menjadi sebab akibat mengapa memiliki kepribadian yang baik seperti kebutuhan yang setiap saat harus kita jalankan. Jangan hanya saat kita menginginkan sesuatu baru kita menunjukkan sikap baik, namun pada saat tidak diminta kita akan kembali ke sikap biasanya. Tentu hal ini tidak akan berjalan baik, karena pada dasarnya kepribadian yang baik tidak bisa dibuat-buat apalagi di rekayasa kapan pun saat kita mau. Menjadi pribadi yang baik dan dicintai banyak orang adalah hal yang sangat menyenangkan dalam hidup bagi siapapun. Ketika kita mampu bersikap baik, maka orang lain pun akan menghargai kita, mereka juga akan berbuat yang sama. Namun permasalahannya adalah bagaimana menjadi pribadi yang baik? Mungkin saya hanya dapat menganalisis sedikit apa saja sikap yang dilakukan oleh orang yang pribadinya menarik sebagai berikut:
·        
Ia merupakan orang yang ramah, bisa ditunjukkan dari tutur kata dan senyuman khasnya apalagi melakukan kontak mata dan fokus saat mendengarkan orang lain.
·         Sesuai yang sudah dijelaskan diatas bahwa ia dapat memposisikan dirinya, apalagi berteman dengan semua orang dan tak pilih-pilih.
·         Ia dapat dipercaya dalam ucapan dan tindakannya, wajar saja orang-orang sangat senang apabila bercerita tentang sesuatu yang rahasia.
·         Positive thinking dan dapat berkata tidak jika itu salah /buruk untuknya dan berkata iya apabila itu benar/baik untuknya.
·         Menjadi pendengar yang baik serta selalu menghindari kata-kata yang berbau celaan dan kritik.
·         Selalu anggap orang lain penting, apalagi memberikan minat pada mereka.
·         Menyapa orang lain dengan nama mereka dan suka memberi pujian.
·         Yang tidak dikesampingan, jadilah orang yang humoris karena orang yang humoris lebih membuat orang lain tertarik bahkan mengalahkan orang-orang yang mempunyai banyak uang dan penampilan yang rupawan.

Pribadi yang menarik selalu dekat dengan kebaikan karena sifatnya yang menyenangkan orang-orang. Untuk menjadi pribadi yang menarik, selalu berbuat kebaikan dalam segala kondisi dan situasi. Jangan lupakan juga juga untuk selalu ingat pada Allah SWT. Karena apabila kita dapat membuat relasi yang baik dengan Tuhan kita, apalagi relasi dengan sesama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar