Senin, 09 Oktober 2017

Prinsip Hidup Orang Bejo



@D26-Niko
oleh: Niko Prayoga


Kalau kita lihat pada zaman penjajahan kenapa Negara Republik Indonesia bisa merdeka, Apa itu karena hadiah dari penjajah atau karena rasa kasihan? Kalau bukan karena itu lalu karena apa? Lalu apa pada saat itu pahlawan bangsa Indonesia memiliki senjata yang lengkap dan canggih? Tentu jawabannya bisa jadi namun yang penting dari semua itu adalah prinsip. Lalu apa prinsip pahlawan pada masa saat itu? Prinsip mereka pada saat itu adalah Merdeka….Merdeka…..Merdeka.
 
Bicara prinsip pasti kita tau bahwa hidup didunia ini harus mempunyai prinsip? Pasti kita mempunyai prinsip tetapi kita tidak tau apa definisi dari prinsip itu sendiri. Disini saya akan menjelaskan apa itu prinsip.
Prinsip itu diibaratkan seperti kompas yang kegunaanya sebagai petunjuk arah, kalau kita sudah mengetahui bahwa prinsip itu sebagai petunjuk arah pasti kita akan berpegang teguh pada yang semua apa telah kita susun untuk menjalani kehidupan ini tanpa harus kebingungan.
Sebelum saya menjelaskan secara detail apa itu prinsip saya akan membagikan sedikit tentang prinsip hidup saya.
            Pada saat saya duduk dibangku sekolah SMP saya masih bingung pas lulus nanti mau lanjut ke SMA/SMK pada saat itu saya memikirkan apa bedanya SMA dengan SMK. Pas awal saya masuk Smp saya langsung membuat peta hidup saya selama 6 tahun dalam selembar kertas dengan pemikiran yang matang dan tanpa lupa meminta bimbingan dari orang tua. Setelah itu saya langsung mencari tau apakah lebih baik SMA/SMK saya mencari data selengkap-lengkapnya dari internet dan tanya kepada orang yang lebih tua, karena SMA/SMK merupakan program awal untuk menentukan masa depan yang lebih baik. Setelah saya tau perbedannya lalu pas kelas 9 saya belajar dengan serius untuk mendapatkan sekolah yang saya akan pilih nantinya, teman-teman saya menyarankan kepada saya untuk masuk SMK saja karena masuk SMA nanti kuliah namun karena saya mempunyai Prinsip ingin lebih dari orang tua saya saat ini akhirnya saya memutuskan  masuk SMA karena masalah kuliah atau tidaknya sudah diatur yang penting bagaimana kita bertanggung jawab dengan pilihan yang telah kita pilih. Apa bila kita sudah memiliki prinsip hidup yang kuat pasti tidak akan ada satu orang pun yang menggoyahkannya.
Prinsip Hidup adalah asas kebeneran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
Ingin tau bagaimana menjadi orang sukses dan ingin tau bagaimana prinsip hidupnya:
Berikut ini adalah 10 prinsip hidup yang berhasil yang dipelajari orang sukses sejak dulu menurut Stella Azasya 2017, antara lain:
1.      Sukses dimulai dari luar dan dalam
2.      Bersama itu selalu lebih baik
3.      Kehidupan sosial yang sebenarnya bukan di Online
4.      Hidup itu terlalu singkat jadi hiduplah sekarang
5.      Kegagalan bukan berarti kehancuran
6.      Jangan biarkan hal tidak penting merampas kebahagiaanmu
7.      Apa yang kamu khawatirkan bisa menguasai dirimu
8.      Komitmen perlu keseriusan
9.      Hal baik akan datang pada mereka yang mau mencoba
10.  Jangan menyepelekan hal-hal yang kecil
Menurut Sembiring Ronald 2014 Karakter yang layak dimiliki untuk menjadi orang sukses antara lain:
1.      Harga diri
2.      Percaya diri
3.      Sikap pantang menyerah
4.      Mempercayai intuisi
5.      Kreatif
6.      Pemberani
7.      Passion
8.      Action
9.      Komitmen
10.  Bersyukur
11.  Pasrah
12.  Beriman dan bertakwa
Lalu apakah kegagalan karena takdir tentu jawabannya belum tentu, kegagalan itu bisa terjadi dengan cara, antara lain:
1.      Tidak ada tujuan hidup
2.      Tidak pernah mencatat tujuan
3.      Tidak bertanggung jawab atas tindakannya
4.      Banyak rencana tanpa ada tidak tindakan
5.      Tidak ada keyakinan pada diri sendiri untuk sukses
6.      Malas
7.      Salah berteman
8.      Manajemen waktu yang lemah
9.      Kurang pengembangan diri
10.  Tidak ada komitmen untuk sukses
11.  Kurangnya bersosialisasi
12.  Bodoh dan sombong

 kesimpulan:
orang yang sukses itu memiliki prinsip hidup dan mempunyai jiwa yang kuat dalam menjalaninya. tidak ada yang tidak mungkin jika ada usaha  

 referensi   
 1. Stella Azasya 2017.10 Prinsip Hidup yang Berhasil Dipelajari Orang Sukses Sejak Dulu. dalam https://life.idntimes.com/inspiration/stella/10-pelajaran-hidup-yang-berhasil-dipelajari-orang-sukses-sejak-dulu/full
2. Sembiring Ronald 2014. 12 Karakter Yang Layak Dimiliki Untuk Menjadi Orang Sukses. dalam https://aquariuslearning.co.id/12-karakter-yang-layak-dimiliki-untuk-menjadi-orang-sukses/






           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar