Selasa, 21 November 2017

Pengendalian Diri

@E02-Elvi, @ProyekA10
Disusun Oleh Elvi Khairina

Golfried dan Merbaum dalam Putra (2016), mendefinisikan pengendalian diri sebagai suatu kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa individu kearah konsekuensi positif.
 
Perilaku yang Mencerminkan Sikap Pengendalian Diri (Anonim(Admin Bacaan Madani),2016):
1.      Bersabar dengan tidak membalas terhadap ejekan atau cemoohan teman yang tidak suka terhadap kamu.
2.      Memaafkan kesalahan teman dan orang lain yang berbuat “aniaya” kepada kita.
3.      Ikhlas terhadap segala bentuk cobaan dan musibah yang menimpa dengan terus berupaya memperbaiki diri dan lingkungan
4.      Menjauhi sifat dengki atau iri hati kepada orang lain dengan tidak membalas kedengkian mereka kepada kita.
5.      Mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT.kepada kita, dan tidak merusak nikmat tersebut,seperti menjaga lingkungan agar selalu bersih, menjaga tubuh dengan merawatnya, berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

Cara Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi (Baits,2013) :
1.      Segera memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan dengan membaca ta’awudz
2.      Diam dan Jaga Lisan
3.      Mengambil Posisi Lebih Rendah
4.      Ingatlah hadis ini ketika marah
Dari Muadz bin Anas Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,




  
“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki. (HR. Abu Daud, Turmudzi, dan dihasankan Al-Albani)/
5.      Segera berwudhu atau mandi.

Emosi atau amarah merupakan salah satu senjata andalan iblis dan para pasukannya untuk menjadikan umat manusia khususnya umat islam saling bermusuhan. Dan jika hal itu terjadi, maka misi Islam untuk menciptakan kedamaian di dunia akan sulit terwujud dan hanya akan jadi angan – angan belaka. Oleh karena itu, Rasulullah SAW selalu mewanti-wanti umatnya agar selalu menjaga diri dari perangkap amarah tersebut.

Motivasi Dari Rasulullah SAW kepada umatnya agar tidak mudah terpancing emosi :
1.      Beliau menjanjikan dalam salah satu hadits shahihnya yang sangat ringkas tapi mengandung motivasi yang sangat tinggi,yang artinya :”Janganlah marah maka bagimu surga.”
2.      Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu untuk meluapkannya,maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari Kiamat sehingga Dia akan memberikan untuknya bidadari yang dia kehendaki.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi)
3.      Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang menahan emosinya maka Allah akan tutupi aibnya. Dan barang siapa yang menahan amarah, padahal jika dia mau dia mampu untuk meluapkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan ridho-Nya pada hari Kiamat.



DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2016 . Pengertian Pengendalian Diri (Mujahadah an-Nafs) dalam Islam. Bacaan Madani. Dalam http://www.bacaanmadani.com/2016/12/pengertian-pengendalian-diri-mujahadah.html?m=1 (Diakses tanggal 20 November 2017)

Putra,Billy. 2016. Apa yang dimaksud dengan pengendalian diri-self control. Dictio.  Dalam https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pengendalian-diri-self-control/8224 (Diakses tanggal 20 November 2017)

Baits,Ammi Nur.2013. 5 Cara Mengendalikan Emosi dalam Islam. Konsultasi syariah.Dalam https://konsultasisyariah.com/18243-cara-mengendalikan-emosi-dalam-islam.html (Diakses tanggal 20 November 2017)

Cahaya Islam. 2016. 8 Cara mengendalikan Emosi dalam Syariat Islam. Hafidz Blog. Dalam http://hafidz30.com/cara-mengendalikan-emosi/ (Diakses tanggal 20 November 2017)

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar