Rabu, 06 Desember 2017

MENGENDALIKAN DIRI

  @D15-Lutfi, @Proyek10
Oleh Lutfi Bayhaqi


Mengendalikan diri itu penting atau tidak sih?”berfikir sambil menikmati secangkir wedang teh” assikk tenan hehe, dan kalau menurut saya pribadi sih penting. mengendalikan diri aktivitas pengendalian tingkah laku. Kita bisa mengontrol atau menimbang-nimbang susuatu sebelum kita bertindak dan dapat juga mereduksi sifat negatif. 
 
Goldfried dan Merbaum, mendefinisikan kontrol diri sebagai suatu kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa individu kearah konsekuensi positif.

Menurut Yudiono (2017), cara untuk mengendalikan diri adalah
1.       Menenangkan diri
2.       Berempati
Pemicu marah terkadang hal sepele. Untuk menghindari masalah sepele ini menjadi besar, berempatilah. Empati adalah keadaan mental yang membuat kita merasakan keadaan atau pikiran orang lain. Kita mungkin akan sedikit susah berempati karena merasa diri lebih superior. Namun, kuatkanlah melakukannya karena memang tujuan kita adalah meredam marah.
3.       Mengingat dampak negatif yang akan terjadi
4.       Menganggap hari terakhir Anda hidup
5.       Memaafkan dan melupakan
6.       Membaca ta’awudz dan berwudhu untuk yang beragama Islam
7.       Berolahraga

Dapat di simpulkan, pengendalian diri adalah tindakan mengendalikan atau mengarahkan tingkah laku seseorang, sebagai upaya pencegahan (preventif), sebagai suatu tindakan penundaan pemuasan kebutuhan, sebagai suatu keterampilan, keahlian, potensi, perbuatan untuk pembinaan tekad. Berdasarkan pengertian yang telah diuraikan, maka pengendalian diri dalam penelitian ini memiliki maksud sebagai kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mengarahkan dirinya mendekati tujuan yang diharapkan dengan jalan mendisiplinkan diri dan melakukan penundaan terhadap perilaku yang dapat menghambat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Daftar Pustaka
Rahayu, Srikandi. 2015. Pengertian Pengendalian diri. http://seputarpengertian.blogspot.co.id. Di akses pada tanggal 16 Nopember 2017.
Yudiono, Herman. 2017. 7 Cara Efektif Mengendalikan Emosi Diri Sendiri. www.tipspengembangandiri.com. Di akses pada tanggal 16 Nopember 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar