Sabtu, 09 Desember 2017

Pengaruh Kerjasama terhadap Pribadi

Pengaruh Kerjasama terhadap Pribadi
Oleh: Lucia debby Gracella  Sihombing
@E07-Lucia, @ProyekA12
       1.      Pengertian Kerjasama

Kerjasama berasal dari kata kerja dan sama tetapi semua itu diberatkan pengertian dari kerjasama yaitu  kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama bukan hanya terjadi dikalangan pemerintahan atau yang memiliki tingkatan tinggi. Dalam Organisasi maupun kelompok kecil dapat terjadi yang namanya kerjasama dimana memiliki tujuan dengan prinsip yang sama. Kerjasama merupakan salah satu cara untuk cepat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan oleh manusia hampir dalam semua aspek kehidupan. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan  untuk mencapai suatu hasil mufakat.

2.      Manfaat kerjasama

Manfaat Kerjasama Anak Usia Dini Sangat Penting Dalam Usia Perkembangannya. Pada usia sekolah interaksi dengan teman pada usia sekolah menjadi lebih kompleks, lebih selektif, dan secara subjektif lebih menonjol (Erwin dalam Durkin, 1995). Yudha M. Saputra, dkk (2005) juga mengatakan manfaat pembelajaran kerjasama adalah: mampu mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosial peserta didik karena melalui kerjasama anak memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan anak yang lain, mempersiapkan siswa untuk belajar bagaimana caranya mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi sendiri, baik guru, teman, bahan pelajaran ataupun sumber belajar yang lain, meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim, membentuk pribadi yang terbuka dan menerima perbedaan yang terjadi, dan membiasakan anak untuk selalu aktif dan kreatif dalam mengembangkan analisisnya. Selain itu Manfaat yang dapat dihasilkan melalui pembelajaran kerjasama adalah anak akan bertambah sikap tanggung jawabnya terhadap dirinya sendiri maupun anggota kelompoknya, anak akan bangkit sikap solidaritasnya dengan membantu teman yang memerlukan bantuannya, anak akan merasakan perlunya kehadiran teman dalam menjalani hidupnya, anak dapat mewujudkan sikap kerjasama dalam kelompok dan merefleksikannya dalam kehidupan, dan anak mampu bersikap jujur dengan mengatakan apa adanya kepada teman dalam kelompoknya (Saputra, dkk 2005).
3.      Daftar Pustaka

Aprilyan, Vandi. 2013. Kerjasama (teamwork). Blogspot. Dalam http://vandyaprillyan.blogspot.co.id/2013/10/kerja-sama-team-work.html. Diunduh 21 Oktober 2013.

Akhmad, Faishal. 2017. Sebuah Jawaban dalam Bentuk Kerjasama. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/yurnero/598e909efcf68120394fe263/sebuah-jawaban-dalam-bentuk-kerjasama. Diunduh 12 Agustus 2017.

Sulasmi, Siti. 2008. Pengaruh Kepemimpinan Membangun Semangat Kerjasama Dengan Kebersamaan Visi Sebagai Variabel Moderator. Majalah Ekonomi . Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=18493. Diunduh 01 April 2008.

Ruandini, Wilda. 2012. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Smp N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikn Fisika. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9382. Diunduh 10 September 2012.

Al-Maqassary, Ardi. 2014. Manfaat Kerjasama. Jurnal Hasil Riset. Dalam http://www.e-jurnal.com/2014/02/manfaat-kerjasama-anak-usia-dini.html. Diunduh 14 Februari 2014.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar